Kamis, 23 September 2010

pesan soal ato modul pelajaran

Ujian tengah semester lagi di depan mata. Bingung deh mo persiapin yang mana satu dulu, secara tugas-tugas/PR dari guru-guru juga numpuk puk puk; kegiatan ekskul yang menyita waktu ampe sore/malam hari; belom lagi di rumah harus bantuin orangtua.

Setelah tiba waktu belajar juga bingung, mempelajari apaan yaa? Buku pelajaran cuma punya satu, pinjaman dari perpus sekolah; soal-soal latihan juga ga lengkap, cuma dari LKS yang dibagiin guru. Nahh, kalo begini mah gimana caranya bisa berlatih dan cepat mengaplikasikan teori  yang udah didapet dari sekolahan??

Ga usah bingung... Punya request soal ato modul pelajaran?
Silakan kirim pesan lewat surel alias email saya, mudah-mudahan bisa dicarikan dan dikirim balik ke email Anda.
Awas  kalo ga!!

Photobucket
Coretan Selengkapnya...

Kamis, 16 September 2010

tips belajar kimia dengan asyik

Haaii teman-temin-temon semua. Apa kabar? Gimana suasana libur lebarannya? Pastinya bahagia donk yaa bisa berkumpul dengan sanak saudara tercinta. Buat yang pada mudik, hhmmm... pasti pada cape & pegel-pegel deh badannya. Belom lagi harus berbenah rumah yang ditinggal selama beberapa hari untuk mudik, serta si mbak dan si mamang yang biasa bantu-bantu beres-beres di rumah juga ikutan mudik.
Haduuhh, kalo begini mah gimana bisa persiapan belajar untuk nghadapin midsemester entar yaa?
Hohoho, sebagai warming up disini saya kasih uraian yang ringan-ringan dulu aja. Maklumlah, kebanyakan makan ketupat opor ama rendang selama lebaran bisa bikin daya pikir otak jadi rada buntu. Hehehe...

Setelah pelajaran matematika yang dianggap sukar dan membingungkan, sering terdengar juga banyak keluhan kalo belajar KIMIA sangat sukar. Beberapa keluhan adalah: ”Saya tidak cukup cerdas untuk belajar kimia, saya tidak dapat mengikuti jalan pikir kimiawan, saya takut gagal di mata pelajaran kimia, ingatan saya tidak cukup kuat untuk mengingat rumus dan fakta kimia...”

Jangan mengatakan benci pada “Pelajaran Kimia”
Salah satu hal yang membuat kita ga suka pelajaran kimia adalah kita sudah menetapkan hati bahwa kita membenci pelajaran tersebut. Bukankah kita lebih mudah memahami sesuatu jika kita lebih menyenanginya? Anggap saja kimia itu sebagai teman baru Anda, yang belum kamu ketahui sifat dan keunikannya, dengan demikian akan tumbuh perasaan bagaimana kita beusaha untuk menemukan sifat-sifat tersebut. Jadi bila Anda mendapatkan pelajaran kimia hindari perasaan atau setidak-tidaknya jangan berguman “benci” di dalam hati. Nikmati saja teman baru Anda ini.
Yang harus pertama sekali diubah justru pandangan-pandangan keliru tentang Anda sendiri tadi. Pertama sekali Anda harus percaya bahwa Anda mampu untuk belajar kimia. Anda yakin bahwa kalo belajar dengan baik Anda akan sukses. Jadi pada dasarnya belajar kimia ga berbeda dengan Anda belajar pelajaran lain ataupun Anda belajar naik sepeda. Yang sangat diperlukan adalah tekad dan keyakinan kuat kalo Anda bekerja dengan baik Anda akan sukses. Setelah tekad dan keyakinan ada, barulah Anda perlu tahu beberapa kiat untuk mendapatkan keterampilan kimia. Perlu diingat sama dengan Anda belajar sepeda, keterampilan itu akan Anda dapat kalo Anda berlatih, ga cukup dengan membaca teori bersepeda tanpa pernah mempraktekkan.

Berikut beberapa pendekatan yang telah terbukti membantu banyak orang untuk belajar kimia.
ð   Ciptakan gambaran nyata apa yang Anda pelajari. Kebanyakan hal yang dipelajari dalam kimia adalah hal yang abstrak. Atom, molekul, ikatan kimia, elektron adalah barang-barang yang ga dapat secara langsung dilihat dan dirasakan. Sebuah gambar akan membantu Anda untuk mengingat dan mengerti dengan baik konsep penting.
þ   Atom misalnya dapat Anda bayangkan sebagai sebuah bola, dan setiap unsur memiliki bola yang berbeda berat dan warna misalnya. Cobalah untuk mengaitkan apa yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari Semua bahan yang ada di alam ini adalah bahan kimia. Udara, pohon, batuan, plastik, kosmetik, dan seterusnya. Masalahnya adalah bahan-bahan tersebut biasanya bukan bahan yang murni, tetapi berupa campuran yang rumit. Untuk membuat mudah dimengerti, diajarkan kimia dari bahan yang murni atau campuran paling dua bahan. Memang sering akan dijumpai kelakuan bahan murni jauh berbeda dengan kelakuan campuran bahan. Nah, dengan selalu mencoba untuk mengaitkan apa yang dipelajari dengan apa yang ada dalam keseharian akan membuat apa yang dipelajari menjadi lebih bermakna.
þ   Dalam keseharian kita sering membuat minuman sirup, dengan menambahkan segelas air pada dua-tiga sendok makan sirup. Bila yang kita lakukan terbaik, kita tambahkan dua-tiga sendok makan air ke dalam satu gelas sirup, tentu ga akan enak diminum karena sirupnya terlalu kental. Di sini kita mendapat pengalaman tentang pengertian konsentrasi larutan.
þ  Hubungkan gambaran makro dengan gambaran mikro garam dapur dalam bahasa kimia dapat berarti padatan putih yang juga kita gunakan untuk mamasak atau bahan yang tersusun atas ion Na+ dan Cl-. Gambaran pertama adalah gambaran makro, yang kedua adalah gambaran mikro. Gambaran mikro adalah yang ga pernah kita saksikan secara langsung, yang Anda harus hadirkan dalam bayangan. Gambaran makro adalah kumpulan dari bertrilyun-trilyun atom atau ion sehingga dapat kita lihat, sentuh dan rasakan. Karena kimia berbicara dengan kedua bahasa, tugas Anda adalah mempelajari bahan dan sifatnya dari kedua pandangan itu. Gambaran mikro sering digunakan untuk merasionalisasi apa yang terjadi pada skala makro. Kita misalnya merasionalisasi sifat getas dari kristal ionik karena pada krisal ionik tersusun ion yang berlawanan muatan berdampingan. Bila dikenai tekanan, maka ion yang sama muatannya mungkin akan berdampingan, yang berakibat terjadi tolak-menolak sehingga mudah pecah.
ð   Belajar dengan rutin dan segera perbaiki kesalahan
Yang juga unik dari pelajaran kimia adalah banyak sekali konsep yang dibangun secara bertahap, satu konsep mendasari konsep berikutnya; konsep yang berikutnya lagi dapat dimengerti kalo dua konsep terdahulu sudah dimengerti dengan baik, dan seterusnya. Konsep-konsep berikutnya sering dimunculkan dengan kecepatan yang lebih tinggi dari konsep sebelumnya.

Sering-seringlah latihan
Berapa banyak soal kimia yang dapat kamu kerjakan? 10, 50, 100 perminggu? Semakin banyak kamu latihan soal maka semakin terlatih dalam menyelesaikan soal. Latihan soal membuat kita selalu ingat akan teori kimia dan berita baiknya adalah kita bisa menghafal rumus dengan sendirinya.
Nah, dengan keadaan seperti ini nasehat yang sudah sering Anda dengar menjadi penting: Belajarlah secara rutin. Ini juga merupakan kunci dari belajar apa saja, kalo kembali ke contoh belajar sepeda. Kalau sebelum Anda belum menguasai bersepeda, Anda hanya belajar satu hari dalam setiap bulannya, dapat dibayangkan kapan Anda baru akan menguasai. Belajar secara rutin juga memungkinkan Anda untuk segera tahu masalah atau kesalahan yang Anda buat dan dengan cepat pula Anda dapat mencari penyelesaiannya. Penting sekali Anda pelajari kesalahan Anda dan segera mencari penyelesaian yang tepat, sebab kalau ga Anda akan mengulang kesalahan yang sama. Gunakan cara yang berbeda untuk hal yang berbeda.

Kimia bukan hanya hitung-menghitung, walaupun kemampuan itu merupakan komponen penting dalam kimia. Kimia juga berisi beberapa fakta yang harus diingat, kosakata khusus yang harus dipelajari, hukum-hukum yang mengaitkan satu ide dengan ide lain yang harus dimengerti. Mempelajari fakta tentu lain caranya dengan mempelajari teknik berhitung, lain lagi dengan mempelajari hukum. Untuk mengingat fakta dengan lebih baik, sering Anda diberi contoh untuk membuat apa yang disebut jembatan keledai. Misalnya unsur-unsur golongan IA (alkali) Anda ingat dengan: Hajah Lina Naik Kuda Rebutan Cowok sampai Frustasi. Cara yang lain misalnya dengan menuliskan, dengan membuat kartu dan bermain dengan kartu itu dan sebagainya. Untuk mempelajari konsep dengan baik Anda harus belajar dengan aktif. Maksudnya Anda harus mencatat dengan baik konsep yang Anda pelajari, perhatikan benar-benar kata-kata kunci dalam pengertian konsep tersebut, cari contoh-contoh tambahan untuk konsep itu, hubungkan dengan konsep yang telah dipelajari sebelumnya.
Selain itu, Anda juga harus sensitif dengan bahasa kimia. Sering oksigen itu berarti O2 maupun O. Misalnya dalam kalimat oksigen adalah komponen penting dalam atmosfer, yang dimaksud adalah O2. Sedang dalam kalimat hitung kadar oksigen dalam mineral apatit, maka yang dimaksud adalah O. Nah, kensensitifan itu Anda akan peroleh jika Anda belajar secara kontinu, sama dengan kesensitifan kaki Anda mengenali bentuk pedal sepeda tumbuh dengan seringnya Anda belajar naik sepeda. Untuk mempermudah mempelajari hukum-hukum dalam kimia Anda dapat menggunakan teknik: pelajari dengan baik fakta dan konsep yang mendasari, gunakan kata-kata Anda sendiri untuk mengungkapkan lagi hukum tersebut, tentukan keberlakuan hukum tersebut, dan tentukan pula apa yang dapat dicapai dengan hukum tersebut.
Sebagai contoh hukum gas ideal pV = nRT, tanyakan apa gas ideal itu? Kemudian perhatikan hukum itu hanya berlaku untuk gas ideal, gas nyata ga akan mengikuti persamaan itu, dan Anda pun harus dapat sampai menghayati bahwa dengan hukum ini Anda dapat menghitung salah satu dari p, V, n atau T bila tiga yang lain diketahui. Yang harus diingat, hukum (rangkuman keteraturan) sering mempunyai kekecualian, Anda harus ingat dengan baik kekecualian ini: misalnya, semua senyawa sulfida tidak melarut, kecuali (NH4)2S. Demikian beberapa tips, ingat sekali lagi, tips ini hanya akan bermanfaat kalo Anda menggunakannya dalam belajar dengan kontinu.


Coretan Selengkapnya...

Jumat, 10 September 2010

modul KIMIA SMA

Setelah sebelumnya diberikan tips mengenai gimana belajar kimia dengan mudah dan menyenangkan, berikut ini ada sedikit bahan pembelajaran untuk KIMIA SMA.
Sebagian bahan pembelajaran ditampilkan dalam format .pdf, sebagian lagi langsung saya share link di sini.


Silakan diunduh dan dipelajari yaa... 
Awas  kalo ga!!
Photobucket

Tabel Periodik Unsur

%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%%
Coretan Selengkapnya...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H

Coretan Selengkapnya...

Kamis, 09 September 2010

Pembahasan Logaritma

Berikut contoh pembahasan soal logartima yang diambil dari soal Ujian Nasional.


1. Nilai dari \large \frac{^{3}\log \sqrt{6}}{(^{3}\log 18)^{2}-(^{3}\log 2)^{2}} = …. (UN 2010)

Pembahasan:
\large \frac{^{3}\log \sqrt{6}}{(^{3}\log 18)^{2}-(^{3}\log 2)^{2}}
= \large \frac{^{3}\log 6^\frac{1}{2}}{(^{3}\log 18+^{3}\log 2)(^{3}\log 18 - ^{3}\log 2)}, ingat a^{2}-b^{2}=(a+b)(a-b)
=\frac{1}{2}\large \frac{^{3}\log 6}{^{3}\log36.^{3}\log9}
= \frac{1}{2}\large \frac{^{3}\log 6}{^{3}\log(6)^{2}.2}
= \frac{1}{2}\large \frac{^{3}\log 6}{2.^{3}\log 6.2}
= \frac{1}{2}\large \frac{1}{2.2}= \frac{1}{8}
Jadi nilai dari \frac{^{3}\log \sqrt{6}}{(^{3}\log 18)^{2}-(^{3}\log 2)^{2}} =\frac{1}{8}


2. Nilai dari \large \frac{^{27}\log 9 + ^{2} \log 3.^{\sqrt{3}}\log 4}{^{3} \log 2 - ^{3} \log 18} = ....  (UN 2010).

Pembahasan:
\large \frac{^{27}\log 9 + ^{2} \log 3.^{\sqrt{3}}\log 4}{^{3} \log 2 - ^{3} \log 18}
= \large \frac{^{(3)^{3}}\log (3)^{2} + ^{2} \log 3.^{(3)^{\frac{1}{2}}}\log 4}{^{3} \log 2 - ^{3} \log 18}
= \large \frac{\frac{2}{3}.^{3}\log 3 + ^{2} \log 3.^{(3)^{\frac{1}{2}}}\log (2)^{2}}{^{3} \log(\frac{2}{18})}
= \large \frac{\frac{2}{3}.^{3}\log 3 + ^{2} \log 3.\frac{2}{\frac{1}{2}}.^{3}\log (2)}{^{3} \log(\frac{2}{18})}
= \large \frac{\frac{2}{3} + 4 .^{2} \log 3.^{3}\log 2}{^{3} \log(\frac{1}{9})}
= \large \frac{\frac{2}{3} + 4 }{-2}
= \large \frac{\frac{14}{3}}{-2}= -\frac{14}{6}
Jadi nilai dari \large \frac{^{27}\log 9 + ^{2} \log 3.^{\sqrt{3}}\log 4}{^{3}  \log 2 - ^{3} \log 18} = -\frac{14}{6}.


3. Untuk x yang memenuhi \large ^{2}\log 16^{\frac{2x-1}{4}}= 8, maka 32 x =  ….   (UN 2009)

Pembahasan:
\large ^{2}\log 16^{\frac{2x-1}{4}}= 8\Leftrightarrow \large 2^{8} = 16^{\frac{2x-1}{4}}
\large 2^{8} = ((2)^{4})^{\frac{2x-1}{4}}
\large 2^{8} = (2)^{2x-1}, sehingga
2x - 1 = 8
x = \frac {9}{2}
maka nilai 32x = 32.\frac{9}{2}= 144.


4. Hasil dari \large ^{\frac{1}{5}}\log 625 + ^{64}\log \frac{1}{16}+ 4^{3^{^{25}\log 5}}=  …. (UN 2010)
Pembahasan
\large ^{\frac{1}{5}}\log 625 + ^{64}\log \frac{1}{16}+ 4^{3^{^{25}\log 5}}
= \large ^{(5)^{-1}}\log (5)^{4} + ^{(4)^{3}}\log (4)^{-2}+ 4^{(3)^{\frac{1}{2}}}
=\large \frac{4}{-1}.^{5}\log 5 + \frac{-2}{3}.^{4}\log 4 + 4^{(\frac{3}{2})}
=\large -4- \frac{2}{3}+ (2)^{3}
=\large -4- \frac{2}{3}+ 8 = 3\frac{1}{3}.
Jadi hasil dari \large ^{\frac{1}{5}}\log 625 + ^{64}\log \frac{1}{16}+ 4^{3^{^{25}\log  5}}= 3\frac{1}{3}.

Contoh pengerjaan sederhana logaritma dapat dilihat di sini.
(format power point .ppt)
Coretan Selengkapnya...

Trik berhitung cepat (2)

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan perkalian ato pembagian dengan angka-angka puluh ribuan, ratus ribuan, dst? 10 detik? 15 detik? 1 menit? 5 menit??
Biasanya sih kalo ketemu sama soal perkalian dan pembagian pake metode standar yang diajarkan turun-temurun dari zaman nenek moyang kita dahulu, yakni dengan metode bersusun ke bawah. Ato kalo ga mau ribet, langsung aja ambil kalkulator dan pencet-pencet angka yang dibutuhkan dan dalam hitungan beberapa detik hasilnya udah muncul.
Nah lo! Pada postingan sebelumnya khan udah dikasitau kalo untuk pengerjaan hitung-hitungan matematika sebisa mungkin menghindari yang namanya kalkulator karena benda mungil itu hanya akan membuat otak kita menjadi lamban berpikir. Saat ulangan (entah itu ulangan harian, ulangan umum atao ujian nasional) juga diharamkan penggunaan kalkulator.

milkysmile
Berikut ini saya share beberapa trik cepat pengerjaan hitungan perkalian dan pembagian yang saya dapat dari YouTube.


"Perkalian dengan metode menggunakan kotak"


"Perkalian tanpa kalkulator'

"Trik pembagian dengan angka 9"


Coretan Selengkapnya...

Trik Berhitung Cepat Matematika (1)


TRIK HITUNG PERKALIAN
Trik Perkalian 11
Mungkin perkalian (1 x 11) sampai (9 x 11) sudah kalian hafal karena itu sangatlah gampang.
Contoh:
1 x 11 = 11
8 x 11 = 88
9 x 11 = 99

Memang itu gampang, tetapi bagaimana kalau perkalian 10 x 11 sampai 20 x 11?
12 x 11
Tulis angka yang akan dikalikan 11 tapi kosongkan tengahnya!
1_2 (Perhatikan. Di antara 1 dan 2 ada ruang kosong)
Maksud “_” adalah ruang kosong antara 1 dan 2. Jadi bila menulis di buku, gantilah “_” dengan spasi / tempat kosong.
Lalu coba jumlahkan kedua angka itu (1 + 2).
Hasilnya pasti 3 kan?
Lalu taruh angka 3 di antara kedua angka itu. Lalu itu akan menjadi seperti ini:
Sebelum = 1_2
Sesudah = 132

Tapi apabila perkalian 19 x 11 bagaimana caranya?
Isikan tempat kosong di antara 1 dan 9 (1_9).
Lalu hitung 1 + 9.
Hasilnya pasti 10 kan? Tapi jangan menjawab hasil dari 19 x 11 = 1109!
Tulis dahulu di kertas orak-orek angka 10. Lalu masukan angka akhirnya (0) jadinya seperti ini: 109.
Tapi bagaimana dengan angka 1 nya? Caranya tambahkan angka akhir dari 19 (1 nya) dengan angka 1 nya (sisanya).
1 + 1 tentu hasilnya 2 kan? Nah, sekarang kita ganti angka terakhir dari 109 menjadi 2 dan hasilnya menjadi 209.
Coba hitung dengan cara menyusun. Hasilnya pasti 209. Gampangkan!


Trik Perkalian 25
Perkalian 25 memang sangat susah, tapi kalau memakai trik ini pasti lebih gampang!
Triknya:
: 4 x 100
Apabila sisanya 0, angka 00nya tetap menjadi 00
Apabila sisanya 1, angka 00nya menjadi 25
Apabila sisanya 2, angka 00nya menjadi 50
Apabila sisanya 3, angka 00nya menjadi 75

Contoh 1:
25 x 12 = …….
Caranya:
= 12 : 4 × 100
= 3 × 100 = 300
Karena sisa dari 12 dibagi 4 tidak ada (0), maka 00 tetap menjadi 00, jadi hasilnya 300!
Coba hitung dengan menyusun, pasti benar!

Contoh 2:
25 x 11 =….
Caranya:
11:4×100 =
2 (sisanya 3 )x 100 = 200
Karena 11 dibagi 4 mempunyai sisa 3, maka angka 00 dari bilangan 200 menjadi 75, jadi hasilnya 275!
Coba hitung dengan menyusun, pasti benar!

Trik Bilangan Kuadrat
Tentu kita dapat menghitungnya dengan cara seperti biasa. Kita juga dapat menyelesaikannya dengan kalkulator. Tetapi apa kreatifnya? Apa asyiknya? Inilah cara asyiknya!

542 = 2916
29 kita peroleh dari 52 + 4
16 kita peroleh dari 42

572 = 3249
32 kita peroleh dari 5
2 + 7
49 kita peroleh dari 7
2

592 = 3481
34 diperoleh dari 52 + 9
81 diperoleh dari 92


Trik hitung cepat dengan angka 9
Karena setiap bilangan sembarang jika dikalikan 9 maka jumlah hasilnya = 9, maka :
1 x 9 = 9
2 x 9 = 18,    jumlah 1 + 8 = 9
3 x 9 = 27,    jumlah 2 + 7 = 9
4 x 9 = 36,    jumlah 3 + 6 = 9
dan seterusnya…

Contoh:
22 x 9 = 198,
2 x 9 = 18, lalu selipkan angka (1 + 8) = 9 di tengah, jadi jumlahnya adalah 198.

33 x 9 = 297
3 x 9 = 27, selipkan 9 di tengah

44 x 9 = 396
55 x 9 = 495
66 x 9 = 594
77 x 9 = 693
88 x 9 = 792
99 x 9 = 891

Lalu bagaimana jika dengan 3 angka kembar?? Selipkan saja angka
99 di tengahnya.
Contoh :
222 x 9 = 1998
2 x 9 = 18, selipkan 99 di tengah.

333 x 9 = 2997
444 x 9 = 3996
555 x 9 = 4995



Rumus perkalian ratusan
Bagaimana seorang anak kecil dapat menghitung 306 x 303 luar kepala?
Caranya mudah!

Bagi anak SMP sudah mengenal bahwa
(x + 2).(x + 3) = x.x + (2x + 3x) + 2.3

Caranya mirip demikian.
Contoh 1:
306 x 303 = 9          (dari 3 × 3)
27                          (dari 6 × 3 + 3 × 3)
18                          (dari 6 × 3)
Kita peroleh jawaban 92718.

Contoh 2:
207 x 304 = …
6                           (dari 2 × 3)
29                          (dari 7 × 3 + 2 × 4)
28                          (dari 7 × 4)
Kita peroleh 62928.



TRIK MATEMATIKA
Yang membuat banyak orang tidak menyukai MATEMATIKA adalah karena menganggap matematika itu SUKAR! Jika Anda mau mengubah mind set Anda tersebut, saya yakin kecepatan menghitung Anda akan jauh lebih cepat dari kalkulator, bahkan dibanding komputer tercepat sekalipun...

 Berapakah 18% dari 50?
Kebanyakan dari kita akan BINGUNG...
Tapi jika ditanya berapakah 50% dari 18??
Saya yakin, (banyak orang) tahu jawabannya.
Ya… ini sama dengan 18 : 2 = 9. Coz 50% itu = 1/2 (setengah)

Ini adalah pelajaran yang jarang atau mungkin tidak pernah diajarkan di bangku sekolah!

Bahwa 18% dari 50 = 9. Karena itu sama artinya dengan 50% dari 18.
Sama artinya jika kita belajar 2 * 3 = 3 * 2
 Begitu pula dengan persentase, 14% dari 25 = 25% dari 14
(Berapa coba???)
**********************************************************************************
Berapa 96 x 94 ?
Tenang… jangan bingung dulu, dan gak perlu pake kalkulator
Kalo 100 x 100 tahu kan berapa?? Sekarang kita permudah langkahnya.
# Pertama
Ambil angka pertama
ð 96
Nilai 96 untuk sampe ke 100, kurang berapa? (atau 100 – 96 = 4)
Inget-inget angka 4-nya yach.

# Kedua
Sekarang pindah ke angka ke 2
ð 94
Nilai 94 untuk sampe ke 100, kurang berapa? (atau 100 – 94 = 6)
Ah... kebangetan kalo gak tahu mah!!!
Inget juga nih angka 6

# Ketiga
Berapa 94 - 4
Atau 96-6 (hasil yang tadi di atas lhoo..!)
90 khan???

# Terakhir
Masih ingatkan hasil dari langkah pertama dan kedua. Angka 4 dan 6 gitu lho…
Kalikan angka tersebut.
6 x 4 = 24
Jawaban = 9024
Coba cek pake kalkulator 96 x 94 = 9024. Bener gak??

Hebat…!!

milkysmile
Kita sudah bisa ngitung angka sampe ribuan, TANPA PAKE KALKULATOR. Kalo Anda tahu polanya, Anda bisa menghitung sampai milyaran (bisa lebih) angka dengan mudah.

96 -> 4                   (100 - 96)
X
94 -> 6                   (100 - 94)
———————
96 – 6           4 x 6
94 - 4
———————
90 24

Teori emang kadanga suka bikin pusing yah… PRAKTEKin aja, kembangkan kemampuan matematis Anda.
Semua operasi matematika bisa kita permudah, asalkan:
# Pertama — ubah mindset kita bahwa Matematika itu GAMPANG!
# Kedua — Jadikan angka yang termudah sebagai acuan untuk menghitung
# Ketiga — Kadang-kadang kita tidak perlu menghitung secara spesifik. Jadi bulatkan saja nilainya keatas. Seperti kita belanja di toko, genapkan saja jadi 500-an atau 1.000-an
# Info saja, proses di komputer itu sebagian besar hanya proses penjumlahan saja.

- Perkalian    = penjumlahan yang berulang
- Pengurangan = Penjumlahan yang bertanda (Operand-nya di balik)
- Pembagian  = penjumlahan berulang yang bertanda.

Ok, selamat memaksimalkan kedahsyatan otak Anda.

Coretan Selengkapnya...