Kamis, 19 April 2012

Pelan-Pelan ada Polisi Tidur

Sering sebel pas kendaraan yang kamu tumpangi ingin melaju kencang karena terburu-buru namun harus jadi terganggu karena ada gundukan 'polisi tidur' membentang di jalan? Uughh... rasanya bikin gedheg khan ya? 

Sebenarnya polisi tidur ini dibuat untuk memperlambat kendaraan yang melewatinya, terutama di daerah perumahan atau kawasan PAdat-MERrayap tersenDAt-senDAt. (coba deh disingkat berdasarkan huruf yang dikapitalkan!)
Ada standar tertentu yang diterapkan dalam pembuatan polisi tidur yang benar, sehingga tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah atau bahkan membahayakan pengguna jalan. Tapi berhubung kita masih berada di negara tercinta Indonesia Raya yang mana segala sesuatunya bisa dibuat asal-asalan, yaa harap maklum.


Berikut beberapa contoh 'polisi tidur' yang bisa kita temui di Indonesia:

  • yang standar


Polisi tidur jenis ini mengikuti standar yang ada, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah sehingga tidak membahayakan, memiliki warna yang kontras (seperti warna zebra-cross).

  • yang modern

Bentuknya mengikuti standar namun terbuat dari bahan logam dan berwarna kontras sehingga tidak membahayakan dan tidak mudah rusak terkena air atau benturan dengan kendaraan yang melindasnya. Bentuk jenis ini biasanya sudah merupakan bahan jadi buatan pabrik sehingga praktis digunakan.

  • yang asal-asalan

Tipe asal-asalan ini paling sering kita temuin di sekitar kita. Biasanya sih banyak terdapat di lingkungan komplek perumahan, dimana para anak-anak remaja baru belajar nyetir dan pamer kebut-kebutan yang pastinya meresahkan warga, apalagi jika di komplek tersebut banyak anak kecil dan orang tua pejalan kaki. Cuma ya karena dibuatnya swadaya dan asal-asalan, paling banter 6 bulan sudah rusak lagi, para remaja pun kembali kebut-kebutan lagi. Ahhahahaaaiiiy...

  • yang tidak kelihatan dan bisa membahayakan

Jenis ini cukup membahayakan, terutama di malam hari apalagi dengan kondisi penerangan yang kurang memadai. Karena tidak kelihatan, pengemudi tidak sempat untuk memperlambat laju kendaraan sehingga tidak jarang merusak bagian bawah kendaraan dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

  • polisi tidur sungguhan

Nah, kalau yang di atas itu polisi tidur sungguhan, dalam arti tidur yang sebenanya. Ga tau juga sih asal mulanya kenapa juga disebut sebagai 'polisi tidur' padahal dalam terjemahan asli dari sononya adalah Speedbump. Speed = kecepatan, bump = benjolan/jendolan, benturan. Jadi speedbump artinya jendolan untuk mengurangi kecepatan.
  • polisi (yang suka diimpikan saat) tidur


Nah, kalau polisi yang satu ini mah jangan dilindas yak. Kali-kali aja bisa tembus jadi presenter berita pantauan lalu lintas di televisi swasta itu.