Minggu, 05 Mei 2013

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL - SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL


Bulan MEI ini bangsa Indonesia memperingati 2 (dua) hari nasional sekaligus, yaknik Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, dan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei.
Kebangkitan nasional tentu sangat erat kaitannya dengan pendidikan nasional. Di tengah berbagai carut-marut dunia pendidikan Indonesia yang belakangan ini santer disoroti terlebih saat menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN), kita tidak boleh berkecil hati. Pendidikan adalah modal utama bangsa Indonesia agar lebih maju dan terpandang, memiliki moral dan ahlak, serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan golongan.

Miris rasanya melihat keadaan bangsa yang mana pejabat-pejabatnya tidak lagi malu mempertontonkan rangkaian demi rangkaian perilaku bejat dan nista, dimana korupsi bukan lagi dipandang sebagai hal yang tabu, korupsi dilakukan oleh pemuka-pemuka partai yang bernafaskan ajaran agama tertentu, korupsi marak dilakukan di instansi yang ironisnya adalah merupakan instansi pendidikan dan agama; aparat keamanan dan penegak hukum yang seyogyanya menjadi pengayom dan pelindung masyarakat justru saling serang demi mempertunjukkan kekuasaan kesatuan mereka yang paling unggul; perilaku kriminal sudah menjadi wajah sehari-hari yang kita baca dan kita lihat di berbagai media, orangtua tega membunuh anaknya sendiri atau sebaliknya; generasi muda yang tidak mempedulikan budayanya sendiri tetapi lebih cinta kepada produk-produk impor dan budaya instan luar negeri, serta entah beragam lagi potret budaya dan pendidikan Indonesia yang tak cukup dibariskan dalam satu halaman tulisan panjang dalam blog.

Semoga Indonesia bisa benar-benar bangkit dari keterpurukan, bangkit menjadi lebih terdidik, bangkit dan sejajar dengan bangsa-bangsa beradab lainnya di dunia.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL