Rabu, 27 Januari 2016

KALTENG MEMILIH

Sobat Warna-warni, terutama yang tinggal di wilayah Kalteng... mana nih jarinya udah dicelup tinta di TPS terdekat belum? Saya sih belum. Lebih tepatnya tidak.  Hehehe...
Yupp... hari ini, 27 Januari 2016 Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serentak dilaksanakan di 13 Kabupaten dan 1 Kota. Pilkada langsung ini  ini ditunda setelah sebelumnya Pilkada serentak yang diadakan seyogyanya 9 Desember 2015 kemarin ditunda karena pasangan Cagub-Cawagub nomor urut 3 H. Ujang Iskandar - Jawawi dibatalkan terkait pelanggaran kode etik. Akhirnya hanya tersisa 2 pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 H. Sugianto Sabran - Habib H. Said Ismail , dan pasangan nomor urut 2 Willy M. Yosef - H.M. Wahyudi K Anwar.

 

Ada beberapa tips nih bagi pengguna hak suara saat pilkada berlangsung (sebenernya kurang pantas juga yaa saya memberikan tips, toh saya sendiri pun alpa menggunakan hak suara saya);
1. Sebelum berangkat ke TPS, ada baiknya kamu mandi dan sikat gigi terlebih dahulu. Jangan lupa berdandan dan berpakaian yang rapi dan wangi, kali-kali aja tuh ada yang cakep di TPS yang bisa kamu pantengin.
2. Bila perlu, pamit cium tangan ke orangtua. Ga usah lama-lama, apalagi sambil bertangisan segala kayak orang yang mau merantau bepergian jauh. Khan TPS-nya cuma dekat, tiga langkah dari rumah. (Kayak lagu dangdut aja dah!)
3. Bila sudah di TPS, antri lah. Ga perlu berdesak-desakan seperti antri sembako murah. Duduk manis di kursi-kursi yang telah disediakan. Jangan duduk semaunya kayak di warung.
4. Tukarkan surat pemberitahuan/ surat panggilan dari RT setempat ke panitia untuk ditukar dengan surat suara. Hati-hati jangan sampai tertukar dengan surat tanah yaa...
5. Bila sudah menerima surat suara, segera bawa ke bilik suara. Jangan dibawa ke penghulu.
Bukalah lembaran surat suara sebelum dicoblos, siapa tau petugas salah memberi surat. Yang dikasih malah surat cinta.
6. Cobloslah pasangan calon yang dimaui, ga perlu mendesah.
7. Jika sudah selesai, lipat kembali lembaran surat suara dengan rapi. Masukkan ke dalam kotak suara. Ga perlu difoto selfie segala deh di dalam bilik suara. Karena hal itu jelas-jelas dilarang di UU Nomor 8 Tahun 2015.
8. Keluar dari bilik suara, jalannya biasa aja. Ga usah banyak gaya dan berasa kayak selebriti papan atas yang maju mundur cantik.
9. Celupkan jari ke dalam botol tinta yang sudah disiapkan oleh petugas. Tintanya ga usah diaduk diremas seolah-olah baru habis makan. Ingat, itu tinta bukan air kobokan.