Rabu, 08 September 2010

ngetawain lalat

Lalat! Ya, lalat.
Anda tidak sedang salah baca tulisan ini karena emang aku lagi kepengen cerita tentang lalat. Namanya juga blog serba-serbi, jadi yaa mo cerita apa aja boleh khan.
Hehehehe...
Photobucket

Aku ga sedang kurang kerjaan koq nulis cerita ini. Aku justru sedang senang karena bisa menyaksikan dan mentertawakan detik-detik kematian si lalat jelek nan jorok yang menyebalkan itu.
Awal kejadiannya pas aku lagi manasin dan ngencerin sekaleng aspal yang dibawa oleh kontraktor untuk persiapan bahan campuran pekerjaan aspal panas di lab keesokan harinya, mengingat banyak air terdapat dalam aspal itu. (Inilah salah satu alasan kenapa jalan-jalan di Indonesia cepat rusak, karena aspalnya mengandung banyak air!)
Di pinggiran kaleng tersebut ada banyak terdapat lumuran aspal yang sudah kembali mengental karena tertumpah saat isinya dikurangi agar tidak terlalu membludak saat aspal mulai encer. Aku memanasi aspal tersebut di atas kompor listrik hot plate berdaya 1000 W (bisa mbayangin donk yaa panasnya kayak apa!), sambil sesekali diaduk agar panasnya merata dan tidak menggumpal di bagian tertentu. 

Lagi asyik-asyiknya nungguin aspal yang sedang dipanasi, sekonyong-konyong (cailaaah, bahasanya sekonyong-konyong!) datanglah seekor lalat -yang boleh dibilang goblok juga kali yaa- terbang di atas kompor listrik tersebut. Ga tau juga tuh lalat berasal dari mana secara itu lab tiap pagi selalu disapu dan dipel bersih oleh mas OB kantor. Ruangan itu juga cukup panas mengingat oven, kompor listrik, waterbath dan alat-alat listrik berdaya tinggi lainnya pada nongkrong di situ; jadi ga tau dah itu lalat nyasar dari mana secara dia emang ga punya kartu identitas ato semacamnya. Hehehehe...
Mungkin si lalat senang ama bau aspal dalam kaleng karena emang kalo aspal bercampur dengan air dan disimpan dalam beberapa waktu akan menimbulkan bau rada ga enak, yang mungkin mengundang gairah si lalat. Entah apes entah tergelincir ato mungkin sistem kemudi si lalat yang lagi ga bener karena ga pernah diservis, tiba-tiba si lalat nempel di kaleng pas pada bagian yang ada aspal menggumpal. Tau sendiri khan kalo yang namanya aspal menggumpal itu pasti rada-rada lengket gitu deh. Nah, si lalat pun akhirnya menempel dengan sukses di lumuran aspal yang ada di pinggiran kaleng. Dia panik dan berusaha dengan sekuat tenaga menarik badannya untuk bisa kembali terbang. Sampai tahap ini sebenarnya aku udah cukup ketawa-ketawa melihat tingkah si lalat.
Fenomena perpindahan panas secara konduksi pun berlaku untuk si lalat. Mengingat kompor listrik sangat panas dan si lalat udah tersiksa menempel di aspal, lama-kelamaan si aspal ehh si lalat mulai kepanasan, lemas dan akhirnya mati ampe rada gosong tanpa bergerak meronta-ronta sama sekali. Disinilah aku ketawa sendiri ampe terbahak-bahak melihat kejadian konyol itu, aku merasa puas penuh kemenangan!!
Photobucket Photobucket Photobucket

Hhmmm... ga tau deh mo bilang kasihan ato justru malah mo bilang makasih ama si lalat goblok nan jorok itu; paling tidak setelah kejadian itu, aku merasa sedikit terhibur dan kembali ceria mengingat sebelumnya berangkat kerja dari rumah dengan perasaan ga karuan...

 Rest in peace, you silly fly...