Senin, 06 September 2010

pengen ngelanjutin kuliah...












Beberapa hari kemaren ngeliat profil FB adek angkatan pas masih kuliah di kampus rakyat dulu. Foto profil berlatar belakang kampus kenamaan di Swedia saat musim semi.
Usianya sih cuma beda setahun beberapa bulan dengan aku, tapi aku dengan dia berselisih tiga tahun angkatan kuliah. (Hhmm... aku cerdas khan?) B-)
Aku masuk kuliah angkatan 2002 di jurusan teknik kimia, sedangkan dia masuk kuliah angkatan 2005 di jurusan teknik sipil. Dulu pas masih zaman kuliah, dia sering minta diajarin ngerjain tugas-tugas kalkulus yang notabene adalah kerjaanku sehari-hari yang emang senang berkutat dengan angka-angka dan sering mendapat nilai bagus untuk bidang itung-itungan. (Numpang nyombong dikit yaa..) ^^

Itu anak (sebut saja namanya Bunga_:red) *kayak nama korban pemerkosaan aja deh..* lulus kuliah S1 kalo ga salah sih Mei 2009 kemaren terus langsung lanjut ambil program pascasarjana dual degree di kampus yang sama di awal Agustus 2009. Sedikit info aja, program dual degree maksudnya sih kita kuliah di kampus itu, tapi tar pas lulus dapet gelar dobel sekaligus secara itu kampus menjalin persatuan dan kesatuan (halaah, koq malah kayak slogan tv pemerintah!). Maksudnya, itu kampus menjalin kerja sama dengan beberapa kampus bonafid di luar negeri, seperti Canada, Swedia, Inggris, India, Jepang, dll. Program pascacsarjana sendiri diadakan 2 tahun (4 semester), dimana selama 3 semester pertama kita kuliah di Indonesia dan sisanya kita kuliah dan jalan-jalan di luar negeri!
Hhwwaaa...

            Yang menjadi inti cerita sebenarnya adalah bukan karena didasarkan pada perasaan iri ato sirik terhadap Bunga ato apalah namanya itu, tapi yang bikin aku jadi gregetan itu adalah bahwa aku pengen ngelanjutin kuliah S2; pengen merasakan kembali ’indah’nya masa-masa makan ala anak kos, begadang nyari bahan dan bikin tugas bejibun, presentasiin tugas di depan kelas dengan gaya meyakinkan (hwehehehe...), bla bla bla, dan yang pasti adalah pengen ngerasain jalan-jalan ke luar negeri gratissss!
(Hwaduuuh, mental gratisan masih kental euy!)
Mumpung masih muda, otak terbilang masih cukup segar dan niat masih membara, pengen kuliah lagi. Tar kalo ambil S2 mau di MSTT (magister sistem teknik transportasi) teknik sipil, yang berarti kudu banting setir dari jurusan semula di teknik kimia. Alhasil, harus belajar segala sesuatu dari awal lagi nih. Kenapa mesti teknik sipil sih? Yaa, karena kerjaan aku yang sekarang berkecimpung di bidang pembangunan prasarana jalan dan jembatan. Malah, kalo aku ditanyain soal teknik kimia kayak reaktor, kinetika reaksi, katalis, dan sebagainya, dengan gelengan mantap aku pasti akan menjawab kalo aku udah ga tahu menahu lagi soal begitu. Hihihihi... jadi malu.

            Cuma yang menjadi permasalahan sekarang adalah kalo mo S2 ngandalin gaji ama tabungan pribadi mah sepertinya belom cukup mengingat gaji aja saat ini udah dipotong ama cicilan kendaraan bermotor. Belom lagi ada niatan untuk nyicil rumah tinggal sederhana. Kalo pinjam dari bank hanya bikin leher makin kecekik aja buat ngelunasin kreditnya selama beberapa tahun, manapula biaya hidup di daerah sini naujubile imut-imut mahalnya – lebih mahal dari biaya hidup di Jawa. Kalo mo S2 ngandalin beasiswa dari instansi mah kudu nunggu 3-4 tahun lagi, yang mana kemungkinan saat itu bisa-bisa niatan udah tinggal niatan doang. Mudah-mudahan sih ga demikian. Idiih, amit-amit mah! (sambil ketok-ketok meja).

Aahh... entahlah! Kita tunggu waktu yang tepat aja. Biar Tuhan aja yang berkehendak dan menjawab sesuai dengan caraNya.