Minggu, 01 Mei 2011

Huruf Z dihilangkan dari susunan Alpabet Inggris

Teman-teman warna-warni, tahu tidak bahwa huruf alfabet akan kehilangan salah satu hurufnya. Pengumuman itu datang dari English Language Central Commission a.k.a Komisi Pusat Bahasa Inggris (ELCC).
Setelah mempertimbangkan dan memperdebatkan masalah ini selama lebih dari dua tahun, ELCC akhirnya memutuskan untuk menghapus huruf “Z” dari alfabet Inggris untuk menyederhanakan aspek fonetis bahasa, dan untuk menyatukan ejaan Amerika (American English) dan ejaan Inggris (British English).


Menurut ELCC, kata-kata yang dimulai dengan “z” sekarang akan diganti dengan “x”.

Contoh:

* zero menjadi xero
* zoo menjadi xoo
* zone menjadi xone
* zodiac menjadi xodiac


Sedangkan huruf “z” yang bukan sebagai awal kata tetapi dalam kata akan diganti dengan “s”. Contoh:

* visualize menjadi visualise
* analyze menjadi analyse
* materialize menjadi materialise



Apa pendapat Anda tentang perubahan ini? Apakah itu benar-benar menyederhanakan bahasa Inggris, atau akan hal itu membuat hal lebih membingungkan?
Saya jadi teringat akan film Zorro (termasuk beberapa variannya: The Legend of Zorro, The Mask of Zorro), beberapa tokoh dunia, nama-nama geografis (Terusan Suez, Uzbekistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan) dan tokoh dalam literatur, sastra, film dan berbagai bentuk seni lainnya serta masih banyak lagi lainnya. 
Terakhir, kalau kita mengisyaratkan tidur bukan lagi dengan “Zzzzz…” tapi menjadi “Xxxxx…” Hahahaa...

Bagaimana nih, Opa J.S. Badudu? Apakah Indonesia juga ikutan latah?

-

-

-

-

-

-

-

-




Saya lihat ada banyak hasil pencarian di Google terkait berita ini, banyak copy-paste disana-sini. Sebenarnya berita ini sudah basi, pertama kali muncul 1 April 2010 lalu. Dan tahu itu artinya apa? April Mop! Jadi, intinya berita ini cuma HOAX...

Monkey Icons