Minggu, 01 Mei 2011

Ini Dia Buku-buku Paling Tebal di Dunia!

Kebanyakan dari kita biasanya malas membaca buku yang tebalnya lebih dari 100 halaman, dengan ukuran huruf yang kecil dan rapat, apalagi kalau tidak ada gambarnya, wuihih… bikin tambah males! Lantas bagaimana jika membaca buku setebal lima ribuan halaman?
Buku karangan Damien Dematra bertajuk “Obama dan Pluralisme” 5.247 halaman menjadi buku paling tebal di dunia, mengalahkan novel karangan Agatha Christie "Miss Marple" setebal 4.032 halaman. Buku ini ditulis oleh Damien yang selanjutnya menerima penghargaan rekor dunia sebagai penulis buku tertebal di dunia oleh Guiness World Records dan Museum Rekor Dunia Indonesia.
Buku setebal 34 centimeter dengan 5.247 halaman tersebut merupakan buku ketujuh karya Damien yang menceritakan tentang Obama. Buku itu dibuat dalam waktu kurang dari satu tahun dan pencetakannya dikerjakan oleh hampir 40 orang dalam waktu lima hari lima malam.

Rekor kedua buku paling tebal dipegang oleh buku Wikipedia setebal 5.000 halaman. Ketebalan buku Wikipedia ini setinggi lutut orang dewasa, atau sama dengan 952 volume Encyclopedia Britannica.
Pembuat buku Wikipedia ini adalah seorang pemuda 22 tahun, Rob Matthews, mahasiswa jurusan desain. Tentu saja tidak semua artikel dari situs Wikipedia dimasukkan ke dalam buku ini. Dia hanya memilih sebanyak 437 featured artikel dari total 3 juta artikel yang di-online-kan di Wikipedia versi bahasa Inggris.
Namun, tunggu dulu… ternyata Rob hanya mencetak 0,01% dari seluruh isi Wikipedia! Tujuannya agar orang yang ingin membaca Wikipedia secara offline dapat membeli buku ini. Jadi silakan hitung sendiri berapa halaman yang diperlukan untuk membukukan seluruh artikel di Wikipedia…
Praktis saat ini Wikipedia bisa dibilang sebagai sumber ilmu pengetahuan terlengkap di dunia maya, dan memiliki versi dalam beragam bahasa termasuk Wikipedia versi bahasa Indonesia.

Di urutan ketiga, kita punya novel "Miss Marple" karangan Agatha Christie. Jumlah halaman novel karya ‘The Queen of Crime’ itu mencapai 4.032 halaman. Dengan ketebalan yang mencapai 12,6 inci dan berat lebih 8 kg, tentu saja novel ini tak nyaman untuk dibaca sambil tiduran. Tapi, setidaknya novel bertema kejahatan tersebut memuaskan para kolektor.

Saya kira, textbook zaman saya kuliah di fakultas teknik dulu dengan tebal seribu hingga dua ribuan halaman sudah termasuk tebal dan bikin mata makin minus, ternyata masih ada yang jauh lebih tebal lagi. Ckckck…