Minggu, 01 Mei 2011

Pernah Lihat Uang Sebanyak USD 1 Triliun?

Berapa banyak uang paling banyak yang pernah Anda lihat atau pernah Anda miliki? 100 juta rupiah, 1 milyar rupiah, 1 trilyun rupiah? Kalaupun memiliki uang sebanyak itu, tentunya Anda tidak akan mau membawanya kemana-mana secara tunai dengan mengambil resiko dirampok atau salah-salah malah nyawa melayang. Anda akan lebih memilih untuk mendepositokannya di berbagai bank atau berinvestasi berbagai bisinis dan properti yang menjanjikan. Lalu angka-angka seperti USD 1 milyar, USD 100 milyar atau bahkan pernah terdengar pula ada yang menyebut-nyebut USD 1 triliun… Seperti apakah uang sebanyak itu ?

Kita mulai dengan selembar uang 100 dollar, pecahan terbesar uang dollar. Selembarnya setara dengan kira-kira 1 juta rupiah, tentulah masih bisa nyelip di dompet.

Selanjutnya 100 lembar uang pecahan USD 100 (= USD 10.000). Segepoknya juga masih bisa masuk dalam saku celana atau jaket.

Gambar berikut ini adalah uang sebanyak USD 1 juta (100 bundel USD 10.000, hampir setara dengan 10 milyar rupiah). Masih bisa masuk tas ransel, koper atau tas backpak.

Mungkin uang USD 1 juta masih keliatan biasa saja, hanya sebaris tumpukan di lantai. Tapi lihatlah seperti apa uang USD 100 juta (angka segini pernah ditawarkan Manchester City atau Real Madrid untuk memboyong CR7 alias Christiano Ronaldo dari Manchester United meskipun kemudian ditolak). Untuk mengangkutnya dibutuhkan satu palet standar.

Huufft, lanjuuutt… seperti inilah uang USD 1 milyar. Sudah mulai bingung mau ditaruh dimana…

Eng-ing-eng....!! Naaah, sekarang saatnya Anda tahu seperti apakah uang USD 1 triliun itu. Satu triliun dollar itu artinya 1 juta juta dollar atau USD 1000 miliar! Jumlah nol-nya ada 12. Kalau di-rupiahkan nolnya jadi 16! dan sejumlah inilah hutang Indonesia. Bahkan, bayi Indonesia yang masih dalam kandungan pun sudah mewarisi hutang negara ini.

Tarik nafas yang panjang dulu... Seperti inilah uang 1 triliun dollar.
Orang di pojok kiri bawah masih bisa keliatan, ga?

Trus... kira-kira kalau uang sebanyak itu dibangunkan sekolah, rumah sakit, panti asuhan dan panti sosial, rumah ibadah, bisa dapat berapa ribu unit yaa...??
Monkey Icons Cici