Jumat, 29 April 2011

Adegan Film India

Lihat berita televisi, ada Briptu Norman.Lihat infotainment, yang lagi hot digosipin Briptu Norman. Baca tabloid juga lagi ngupas habis profil anggota Brimob Polda Gorontalo itu. Ahh… bosan juga deh lama-lama dengan berita yang itu-itu mulu!
Anggota Polri yang satu ini memang mendadak tenar setelah adegan joget yang luwes dan lipsync lagu Chaiyya Chaiyya dari film Dil se saat bertugas di pos jaga dan menghibur temannya yang lagi bersedih, lalu di-upload ke YouTube. Alhasil, lagu Chaiyya Chaiyya pun booming di masyarakat, tua-muda piawai menyanyikannya, entah di acara sunatan missal setingkat RT/RW atau acara formal kedinasan sekalipun. Terlebih lagi, film India jadi diputar lagi di beberapa televisi swasta setelah beberapa tahun absen karena mendapat larangan dari komisi penyiaran.

Sebenarnya bagaimana sih adegan-adegan yang ada dalam film India? Setelah sebelumnya kita mengintip Adegan Sinetron Indonesia yang sudah tentu kita tahu juga bagaimana kualitasnya, yuk sekarang mari intip secuil adegan keluaran Bollywood tersebut.
1.      Nama tokoh utama pria cuma berkisar itu-itu saja: kalau bukan Raja, Raju, Vijay atau Rahul. Kayaknya sih nama hoki kali yak… Hehehe
2.      Jagoannya selalu memakai pakaian yang lain dari yang lain, misalnya jaket yang bentuknya unik, memakai ikat kepala atau pasti orangnya ganteng. Yang jadi penjahat biasanya identik dengan kacamata hitam dan berkumis/brewok tebal. Biasanya yang jadi penjahat bernama Tuan Thakuur.
3.      Tokoh utama dalam film India paling tidak boleh lihat pohon atau tiang! Tiap kali melihat dua benda ini, pasti berlari mengelilingi dan joget ngitarin, lalu sang wanita muncul dan mereka pun saling menggoda dengan adegan yang lumayan vulgar. Tidak heran deh film india bisa berdurasi 3 jam lebih.
4.      Sepasang kekasih bisa menari-nari di tengah lapangan atau taman bunga, dan entah dari mana tiba-tiba serombongan penari yang naujubilah banyaknya akan muncul dari antah berantah dan bergabung menari bersama mereka. (penari latar Michael Jackson aja kalah banyak, cuy!)
5.      Tokoh yang paling dihormati pastilah IBU… Bapak biasanya sering jadi tokoh yang rada blo’on dan kalau ngomong sering sambil goyang-goyang kepala.
6.      Seorang pria tidak akan merasa sakit saat melakukan perkelahian sengit namun akan mengaduh sakit saat seorang wanita berusaha membersihkan lukanya. (mirip adegan sinetron Indonesia juga nih!)
7.      Saat adegan berkelahi, pasti mukulnya tidak kena tapi akibat pukulan tadi bisa terlempar melayang dari dalam rumah, bahkan ada yang tersangkut di pohon segala… (orang India ternyata juga bisa kungfu!)
8.      Jagoannya akan berubah tiba-tiba menjadi kuat walau sudah diikat tali, diterjang belasan peluru atau ditikam dengan pedang, saat melihat pujaan hatinya dianiaya atau akan diperkosa tokoh penjahat.
9.      Sekali dipakai make-upnya tidak pernah luntur, saat hujan ataupun saat lainnya.
10.   Pada babak akhir, sang jagoan akan menemukan bahwa si tokoh jahat yang dilawannya sebenarnya adalah saudara kandungnya, wanita tua yang mencarinya adalah ibunya dan kepala inspektur adalah ayahnya serta sang hakim adalah pamannya dan seterusnya…
11.   Kata-kata dalam bahasa Inggris yang biasanya muncul adalah “No Problem!, My God!, Get Out!, Shut-up!, Impossible!, Please forgive me!” dan diucapkan dengan lantang tapi dengan pelafalan yang anak SD kita saja masih jauh lebih baik dari mereka.
12.   Airmata sang jagoan dan si wanita gampang mengucur bak keran air, tapi seketika juga cepat kering dan langsung menari-nari.
13.   Saat adegan festival hari raya Holi, para tokoh belepotan dan bubuk berwarna-warni bertebaran dimana-mana. Tapi, dalam seketika para tokoh juga bisa berganti pakaian baru dan bersih.
14.   Film India yang ada binatangnya, maka pasti deh binatang itu selalu jadi teman jagoannya.
15. Di setiap pertempuran kurang lengkap rasanya kalo tidak ada polisi. Setiap polisi datang, pasti pertempuran sudah selesai, pahlawan kesiangan!
Jadi sebenarnya, lebih mending mana film India dengan sinetron Indonesia??
Monkey Icons Yoyo