Minggu, 10 April 2011

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Depan

Mempersiapkan diri dengan try-out dan berlatih soal-soal sudah, memprediksi kemungkinan soal yang akan keluar di SNMPTN sudah, mengerti passing grade sudah, mengetahui profil dan lokasi berbagai kampus juga sudah, sekarang saatnya teman-teman memilih jurusan yang tepat dan menjanjikan di masa depan. Baca juga tulisan sebelumnya Tips Memilih Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi
Ada baiknya teman-teman juga perlu mengetahui jurusan-jurusan apa saja yang banyak diminati sekaligus menjanjikan masa depan (dalam artian banyak dibutuhkan di dunia kerja dan memberikan penghasilan yang lumayan).
Berikut beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan:

1.  Pendidikan keguruan
Dalam pendidikan, guru adalah orang yang menyediakan pendidikan bagi orang lain. Seorang guru yang memfasilitasi pendidikan untuk setiap siswa juga dapat digambarkan sebagai seorang tutor pribadi. Di banyak negara, seseorang yang ingin menjadi guru di sekolah-sekolah negeri yang didanai harus terlebih dahulu memperoleh kualifikasi profesional atau mandat dari sebuah universitas atau perguruan tinggi. Kualifikasi profesional ini dapat mencakup studi tentang pedagogi, ilmu mengajar serta bimbingan konseling.
Sering kita mendengar sebutan guru adalah ‘pahlawan tanpa tanda jasa’ namun sepertinya belakangan ini istilah tersebut sudah tidak berlaku lagi. Profesi sebagai guru adalah profesi yang menjanjikan mengingat pemerintah telah menaikkan standar gaji dan tunjangan guru tersertifikasi hingga beberapa kali lipat.

2.  Kedokteran
Jurusan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Biasanya, jurusan kedokteran menduduki peringkat teratas di berbagai perguruan tinggi dan memerlukan skor yang tinggi untuk bisa masuk diterima disana. Ya, jurusan ini acap diidentikkan dengan mahasiswa yang pintar. Meskipun biaya pendidikan kedokteran terbilang mahal dan lama pendidikan yang lama (apalagi jika harus melanjutkan spesialisasi), menjadi dokter adalah suatu profesi yang menjanjikan apalagi jika si dokter bergabung di rumah sakit yang bonafid, bertaraf internasional dan membuka praktek sendiri di luar jam praktek rumah sakit.

3.  Desain

Desain yang dimaksud di sini bukan hanya soal gambar-menggambar saja, namun yang lebih menjanjikan adalah desain produk atau desain industri antara lain seperti desain mobil, sepatu, rumah, desain robot, dan lain-lain.

4.  Teknik

Lulusan jurusan teknik bergelar insinyur. Insinyur adalah mereka yang bekerja untuk mengembangkan solusi ekonomi dan keamanan untuk masalah-masalah praktis, dengan menerapkan matematika, ilmu pengetahuan dan kecerdikan sambil mempertimbangkan kendala teknis. Pekerjaan insinyur adalah penghubung antara kebutuhan yang dirasakan masyarakat dan aplikasi komersial.
Banyak orang beranggapan bahwa jurusan teknik hanya akan mengarah menjadi karyawan/teknisi atau orang lapangan saja, bukan menjadi atasan atau bos, sehingga membuat peminat jurusan teknik elektro, teknik kimia, teknik mesin dan dan teknik industri mengalami penurunan tiap tahunnya. Namun selama ada pembangunan masih ada dimana-mana, lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

5.  Teknologi Informasi dan Komunikasi

Profesi-profesi dalam dunia IT baru muncul pada beberapa dekade belakangan ini sejalan dengan berkembangnya teknologi komputer. Bagi yang pernah kuliah di jurusan yang berhubungan dengan IT tentunya banyak berhadapan dengan matakuliah yang berhubungan dengan matematika, algoritma dan sedikit elektronika. Bidang profesi IT dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu:
 1.      Computer Engineering (rekayasa komputer)
 2.      Computer System & Networking (sistem dan jaringan computer)
 3.      Software Development & Consulting (pengembangan & konsultansi priranti lunak)

6.  Bahasa dan Komunikasi

Jurusan ini menjanjikan di masa depan karena di era globalisasi akan terjalin komunikasi dan hubungan internasional dalam perdagangan bebas yang semakin terbuka, maka Indonesia akan membutuhkan ahli-ahli di bidang komunikasi, terutama bahasa asing. Ada beberapa lapangan pekerjaan yang cocok seperti menjadi public relations, jurnalis, advertising, dan sebagainya yang berhubungan dengan media massa.

7.  Planologi

Planologi atau perencanaan wilayah dan kota adalah suatu program studi yang mempelajari tentang cara merencana suatu wilayah dan kota. Semakin lama, sebagian besar orang akan hidup di daerah kota, perencanaan kota yang baik mutlak dibutuhkan dan jurusan ini memegang peranan penting untuk memberikan nasihat untuk pengembang usaha, baik pemerintah maupun swasta dalam skala makro.

8.  Kesehatan (medis)

Peminat jurusan kesehatan akan semakin meningkat, apalagi kesehatan adalah segalanya bagi kehidupan manusia.
Perawat adalah profesi kesehatan yang bekerja sama dengan anggota lain dari tim perawatan kesehatan, bertanggung jawab untuk: pengobatan, keselamatan, dan pemulihan akut atau kronis orang sakit; promosi kesehatan dan pemeliharaan dalam keluarga, komunitas dan populasi, dan, pengobatan keadaan darurat yang mengancam nyawa dalam berbagai macam pengaturan perawatan kesehatan. 

9.  Bisnis dan Manajemen

Bisnis dipercaya akan semakin berkembang di masa depan. Apalagi melihat semangat kewirausahaan yang semakin tumbuh di Indonesia. Bagi yang memiliki jiwa bisnis dan berwirausaha sebaiknya Anda pilih jurusan ini. Lulusan jurusan ini diarahkan untuk dapat sukses berkarir di lapangan kerja, baik pada badan usaha milik negara maupun swasta (nasional atau asing), seperti sektor perdagangan, manufaktur dan jasa.

Itulah beberapa jurusan yang menjanjikan di masa depan. Dalam mencapai kesuksesan juga akan membutuhkan kerja keras, kreatif, dan jeli melihat peluang. Namun selain melihat potensi pasar, ada baiknya Anda memperhatikan potensi diri sendiri. Jika memiliki bakat yang menjanjikan kesuksesan, sebaiknya Anda pilih jurusan yang mendukung bakat Anda. Jangan sampai salah jurusan.