Minggu, 17 April 2011

Tips dan Trik Mencontek

Deg-dig-dug serrr…
Mungkin ini perasaan yang dialami teman-teman warna-warni, yakni adik-adik SMA kelas XII yang besok akan menghadapi UN utama 2011. Setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih 3 tahun di masa-masa SMA yang penuh dengan cerita suka dan duka ini, kemampuan akademik kalian akan diuji dan ditentukan hanya dengan ujian selama 4 hari. Belajar habis-habisan sudah; ikut pelajaran tambahan sepulang sekolah, membentuk kelompok belajar, ikut bimbingan belajar ternama, ikut try-out berbagai persiapan lainnya. Rasa-rasanya ingin waktu cepat berlalu.
Sudah begitu banyak tips dan trik yang saya bagikan tentang Cara Belajar yang Efektif dan Kiat Sukses Ujian, namun… merasa persiapan sudah mentok? Langkah terakhir tentunya adalah mencontek.
Mencontek sesungguhnya adalah perbuatan yang tidak terpuji, oleh karena itu banyak sekolah yang sampai-sampai memberlakukan pengawasan khusus saat pelaksanaan ujian. hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ujian. mencontek hanya akan membuat kita bersifat curang dan berbohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan-kebohongan sebelumnya. Mencontek hanya akan merusak moral anak bangsa!
Namuuun... kali ini ini saya tetap akan berbagi sedikit tipe dan tips mencontek dalam ujian.  (Hohohoo... tetteeeeuuupp!!)
Monkey Emoticons Cici

1. Solo Career by using Memory External
Memory External disembunyikan dalam kotak alat tulis
Memory External di tempat yang "aman dan nyaman"
Ini adalah yang paling sering dilakukan dan terbukti efektif. Menggunakan kertas kecil dan tulisan yang rapat, sehingga memudahkan saat misi mencontek dilakukan. Cara ini memiliki resiko yang tidak terlalu besar. karena dengan ukuran kertas yang kecil, pergerakan saat mencontek tidaklah terlalu membuat guru curiga dan juga cukup mudah menghilangkan barang bukti ketika guru curiga. Jika guru mulai mencurigai kita, kita bisa langsung meremas-remas kertas tersebut dan membuangnya jauh-jauh, atau bisa kita sembunyikan di sepatu atau dalam kaos kaki. Namun semua itu haruslah dilakukan dengan sangat cepat dan hati-hati.

Cara ini tidak disarankan untuk yang duduk di depan karena sangat beresiko tinggi (apalagi yang ditunjukkan pada gambar kedua dan ketiga).
Monkey Emoticons
2. Hard Disk

Ini sangatlah beresiko tinggi. Tingkat kegagalannya juga besar. Cara ini hanya dipakai oleh pelajar yang malas (malas belajar maupun malas bikin contekan ) namun mempunyai nyali tinggi. Cara ini sangat beresiko dan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi karena butuh meja berkolong, harus membolak-balik halaman, menimbulkan suara dan pergerakan yang mencurigakan. Jika ketahuan gurupun sangatlah sulit menghilangkan jejak dan urusannya bisa panjang.
Lagi-lagi cara ini sangat tidak disarankan bagi yang duduk depan. Contek jenis ini biasanya lebih menjanjikan, tapi resiko ketahuan lebih besar, karena si pelaku contek punya barang bukti mencontek!
3. Sharing And Security by server and client


Cara ini juga termasuk yang paling sering dilakukan di kelas. Dalam cara ini ada 2 tokoh yaitu server dan client. Kelas diibaratkan bagai sebuah jaringan komputer. Server haruslah orang yang pintar dalam suatu mata pelajaran. Server bertugas membagi jawaban yang ia tahu kepada para client. Di dalam kelas haruslah terdapat banyak server untuk berbagai pelajaran. Karena jika hanya mengandalkan 1 server, daya jangkaunya sangat sempit. Cara penyebaran jawaban bisa melalui sobekan kertas, finger code (jika soal pilihan ganda), ataupun peer to peer (melalui percakapan tanpa suara) Cara ini tidak akan berjalan baik jika ada murid yang pelit atau tukang ngibul. Cara ini butuh waktu yang cukup lama karena butuh waktu yang cukup lama karena harus melewati beberapa tahapan yaitu, proses "upload" jawaban oleh server, "download" jawaban oleh client, dan proses penyebaran jawabannya. Cara ini dapat diaplikasikan untuk yang duduk depan. Resiko ketahuannya tergantung pada kekompakkan dan kekreatifan dalam menyebarkan dan menerima jawaban.

Mencontek jenis cenderung lebih menyenangkan karena dilakukan oleh 2 kepala (atau lebih), ujian jadi (terasa) lebih ringan…
4. Google


Cara ini bermodalkan hape dan pulsa. Sebenarnya cara ini sama dengan cara no 3, bedanya cuma teknologi yang dipakai lebih canggih dan modern. Tapi resiko kegagalannya lumayan besar. Apalagi kalau ketahuan dan hape disita oleh guru, urusannya bisa lebih panjang!
Monkey Icon
Mencontek tipe ini tidak disarankan untuk pelajaran matematika dan berhitung lainnya yang menggunakan logika.
5. Spy Shot


Cara ini digunakan jika teman sebangku anda pelit. Anda harus mempunyai mata yang tajam dan memanfaatkan waktu secepat mungkin untuk melakukannya. Kunci keberhasilan dalam menggunakan tipe ini yaitu memperluas jangkauan mata. Cara ini kurang efektif karena biasanya orang yang pelit berusaha semaksimal mungkin untuk menyembunyikan jawabannya. Dia juga punya trik yang membuat anda tidak dapat melihat/meniru jawabannya. Dalam kasus ini, pelaku pencontek cenderung mencontek kerjaan temennya yang pintar. Tapi sering juga karena kepepet, temen yang bodoh pun tetap dicontekin. Dalam contek tipe ini, korban yang diconteki (biasanya) tidak sadar telah dicontek.

6. Sistem Fotokopi

Cara ini juga mirip dengan tipe 1. Ini banyak digunakan oleh para pelajar yang malas membuat contekan. Biasanya mereka memfotokopi buku cetak/diktat/catatan. Biasanya hasil fotokopi diperkecil hingga tidak memakan ruang kertas yang terlalu banyak.
7. Hi-Tech

Sekarang sudah zamannya teknologi canggih. Semua sudah terkomputerisasi. Begitupun dengan mencontek. Sebenarnya cara ini sama dengan tipe 4, bedanya hanya cara ini tidak membutuhkan pulsa. Zaman sekarang mencontek dapat menggunakan alat-alat canggih seperti hape ataupun jam tangan, dll. Untuk soal matematika dan eksak bisa menggunakan kaluklator hape. Untuk soal bahasa inggris atau bahasa asing lainnya bisa menggunakan kamus di hape. Untuk soal hafalan bisa menggunakan notes di hape atau kita bisa memotret bahan yang untuk dihafalkan.

Namun untuk soal UN, cara ini tidak berlaku karena biasanya pengawasan ujian lebih ketat dan para siswa tidak diperbolehkan membawa hape, kalkulator atau alat bantu hitung lainnya.
8. Cari inspirasi di WC

Cara ini ni cara yang cukup ampuh jika kita sudah mentok dan tidak punya contekan. Biasanya anda harus bekerjasama menaruh buku atau contekan lainnya di WC (tentunya di tempat yang tersembunyi). Jika anda benar-benar sudah mentok barulah anda pergi ke WC untuk melihatnya. Jangan beramai-ramai pergi ke WC karena akan membuat guru curiga. Tapi cara ini sudah banyak diketahui oleh guru, jadi sebaiknya berhati-hatilah!

Ini adalah senjata pamungkas dalam urusan contek-mencontek (khususnya kalau selama ujian, peserta diperbolehkan untuk ke toilet). Sebelum pergi ke toilet, alangkah baiknya kamu hafalin dulu soal-soal apa aja yang tidak bisa kamu jawab, baru di dalam toilet kamu bebas membaca kertas contekan kamu sepuasnya! Hihihihii…
9. Batik dan kaligrafi



Membatik adalah cara mencontek dengan media tangan ataupun meja. Cara ini adalah cara kuno namun cenderung efektif dan cukup aman. Cara ini bisa digunakan bagi yang duduk depan, namun harus berhati-hati dan waspada...
Selamat mencontek menempuh UN 2011.Monkey Emoticons Cici