Rabu, 30 Maret 2011

Seandainya Tidak Ada Agama di Dunia

Sejak adanya agama dalam sejarah peradaban, agama tidak membuat kehidupan manusia semakin aman dan tenteram. Sebaliknya, kekacauan, perang, penindasan, dan saling mendzalimi adalah menu cerita sehari-hari yang akan kita lihat, kita dengar dan kita alami.
Bahkan dalam keadaan manusia mengenal Tuhan dan agama pun, kondisi tersebut masih banyak terjadi di berbagai belahan dunia. Demi mengibarkan panji agama, bangsa-bangsa rela berperang menindas bangsa lain yang tidak beragama. Demi menegakkan pilar agama, kelompok agama tertentu merasa superior satu sama lain, kaum mayoritas mendominasi dan merasa lebih benar dibandingkan kaum minoritas.
Jadi, coba bayangkan seandainya saja tidak ada agama -apapun itu, di dunia ini. Hhmmm…  Tidak usah berprasangka buruk atau berpikiran muluk-muluk terlalu jauh deh. Seandainya tidak ada agama di dunia ini, yang pasti hari libur akan berkurang banyak! Tidak ada libur Idul Fitri dan Idul Adha; tidak ada libur Natal dan Paskah; tidak ada libur Nyepi, tidak ada libur Waisak, tidak ada libur Imlek. Dan satu hal lagi yang pasti, bakalan tidak ada tunjangan hari raya alias THR.
😄😆